KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE FIGURAL KONSEP DAN EVALUASI FORMATIF KOREKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 KOTA BENGKULU

Zamzaili , Zamzaili (2012) KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE FIGURAL KONSEP DAN EVALUASI FORMATIF KOREKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 KOTA BENGKULU. EXACTA, 10 (2). pp. 143-147. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
10. Zamzaili.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar geometri menggunakan metode figural konsep dan evaluasi formatif korektif. Penelitian quasi ekperimen ini menggunakan desain randomized control-group only design dengan besar sampel untuk kelas perlakuan dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen untuk memperoleh data digunakan tes hasil belajar geometri pilihan ganda berjumlah 40 butir. Validasi tes dilakukan uji panelis dan uji coba ke siswa. Untuk melihat perbedaan hasil belajar data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test equal varians. Hasil pengujian panelis diperoleh r = 0,93 yang berarti tes dapat dipercaya, sedangkan hasil uji coba diperoleh 32 butir tes yang memenuhi kriteria analisis butir. Rata-rata hasil belajar geometri kelas perlakuan dan kelas kontrol diperoleh 67,83 dan 62,67. Hasil perhitungan rumus equal varian diperoleh t-hitung = 5,51, harga kritik t untuk α = 5% adalah = 1,99 untuk α = 1% adalah = 2,64 berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Melihat nilai rata-rata kedua kelas dapat dikatakan bahwa hasil belajar geometri siswa yang diajar menggunakan metode figural konsep lebih tinggi dari hasil belajar geometri siswa menggunakan evaluasi formatif korektif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 28 Mar 2013 22:45
Last Modified: 28 Mar 2013 22:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item