Siswoyo, Hadi and Sazili , Muchtar and Eko, Swistoro (2013) PENERAPAN WHOLE METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PERMAINAN TENIS MEJA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-had.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-had.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dan hasil belajar siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Seluma dalam permainan tenis meja. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan dalam penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di Kelas VIII A SMP Negeri 6 Seluma yang berjumlah 34 orang siswa. Instrumen penelitian adalah lembar angket motivasi siswa dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Whole Method dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Kelas VIII A SMP Negeri 6 Seluma Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat meningkatkan motivasi siswa dalam permainan tenis meja. Pada Siklus I, ratarata motivasi belajar siswa sebesar rata-rata 59,56 berada dalam kriteria Sedang, meningkat pada Siklus II menjadi 77,28%, berada dalam kriteria Tinggi; dan 2)Penerapan Whole Method dalam permainan tenis meja di Kelas VIII A SMP Negeri 6 Seluma Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari nilai rata-rata maupun dari ketuntasan klasikal. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 66,73, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,94%, meningkat pada Siklus II dengan nilai rata-rata kelas siswa adalah 82,17, dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,18%. Saran penelitian: untuk melaksanakan pembelajaran dengan whole method, guru harus tegas mengenai aturan waktu permainan sehingga tidak terjadi kekacauan pada saat pelaksanaan permainan; dan Whole method merupakan cara yang menitikberatkan pada keutuhan dari keterampilan yang dipelajari, sehingga siswa dituntut melakukan gerakan keterampilan yang dipelajari secara keseluruhan tanpa memilah-milah bagian-bagian dari keterampilan yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? def_phi ?? |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2013 06:00 |
Last Modified: | 22 Dec 2013 06:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5221 |
Actions (login required)
View Item |