Analisis Pola Basantara pada Karangan Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri No. 8 Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009

Yuneva , Yuneva and Agus , Trianto and Dian Eka Chandra, Wardhana (2009) Analisis Pola Basantara pada Karangan Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri No. 8 Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
Microsoft Word - TESIS YUNEVA FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (455kB)

Abstract

Kajian Penelitian ini difokuskan pada basantara dalam karangan narasi siswa Sekolah Dasar No 8 Bengkulu dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pola basantara di sekolah dasar melalui karangan berbentuk narasi dan apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi didalam ungkapan perasaan siswa ketika masuk bercerita. Data penelitian ini adalah berbentuk teknik analisis deskriptif kualitatif. Di dalam pengumpulan data dilaksanakan teknik observasi,wawancara dan hasil karangn siswa. Temuan di dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pola basantara dalam karangan narasi pada Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Bengkulu, dari hasil penelitian ini ditemukan gambaran yang lebih jelas tentang hasil analisis pola basantara pada karangan narasi yang dibuat oleh siswa terdapat beberapa kata basantara siswa yang sangat beragam dengan menggunakan pola 1). Meminjam dalam karangan melalui kalimat utuh, 2). Perubahan bunyi,3). Jenis kata yang banyak muncul .Dari 68 karangan siswa yang dianalisis terdapat dua puluh basantara dan tujuh kesalahan berbahasa tulis. Karangan yang menggunakan kata pinjaman ditemui dalam karangan yang nomor urut 41,42,43,43,45,46,47. Karangan yang yang banyak menggunakan kata penghubung dan kata keterangan dalam karangan ditemui dalam karangan siswa nomot 48,49,50,51,55,56. Siswa yang menggunakan kesalahan yang tidak berarti dua belas orang yuitu: karangan siswa nomor 57,58,59,60,61.62,63,64,65,66,67,68. Jadi basantara lebih banyak digunakan dibanding kesalahan yang dibuat siswa dalam upaya menguasai bahasa sasaran, yaitu bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:46
Last Modified: 22 Dec 2013 11:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item