diani Nirmala, Yustitia and Safnil, Safnil and Dian Eka Chandra, Wardhana (2009) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR APRESIASI SASTRA DENGAN STRATEGI ANALISIS WACANA KRITIS (AWK) DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Text
TESIS YUSTITIA FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan apresiasi siswa terhadap novel dengan pembelajaran yang menggunakan strategi Analisis Wacana Kritis (AWK). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA F SMAN 2 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi sastra yang menggunakan strategi Analisis Wacana Kritis dapat meningkatkan hasil belajar apresiasi sastra siswa kelas XI IPA F SMAN 2 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 76.88 dan pada siklus II 81.5. Dengan ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I 75 % dan siklus II 93.75 %. Siswa memberikan respon baik terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang menggunakan strategi Analisis Wacana Kritis yang diterapkan pada setiap siklusnya. Hal ini berarti bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti. Pada siklus I, respon 11 orang siswa dari 32 orang siswa adalah baik dan 22 orang siswa memberikan respon kurang. Pada siklus II, respon 30 orang siswa baik dan 2 orang siswa memberikan respon kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 22 Dec 2013 11:49 |
Last Modified: | 22 Dec 2013 11:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5258 |
Actions (login required)
View Item |