PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DI KELAS AKSELERASI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Z u n a i d a , Z u n a i d a and Safnil, Safnil and Agus , Trianto (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DI KELAS AKSELERASI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS ZUNAIDA FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah strategi pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Akselerasi Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sebagai sebuah Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Suplemen Kurikulum Berdiferensiasi untuk anak cerdas istimewa dan bakat istimewa. dengan melaksanakan tindakan kelas. Langkah-langkah penelitian yaitu : 1) tinjauan teoritis, (2) identifikasi kebutuhan keterampilan berbicara kurikulum 2006, (3) analisis kebutuhan berbicara Kurikulum Berdiferensiasi untuk siswa kelas akselerasi, (4) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (5) pelaksanaan melalui tindakan kelas, (6) laporan hasil penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan naturalistik. Yang menjadi subjek penelitian, yakni guru bahasa Indonesia dan siswa kelas akselerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari rencana, proses pembelajaran, hasil pengamatan dan refleksi. Penelitian menyimpulkan bahwa siswa kelas akselerasi kurang mempunyai keberanian untuk berkomunikasi dengan bahasa lisan di depan kelas, karena strategi pelaksanaan pembelajaran tidak selaras dengan tingkat kecerdasan siswa kelas akselerasi. Opini-opini responden untuk keefektifan strategi pembelajaran dengan hasil menunjukkan peningkatan. Pada siklus pertama kemampuan siswa berbicara di depan kelas ketika bermain peran ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas 7,74, ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus kedua keterampilan siswa berbicara di depan kelas ketika bermain peran mengalami peningkatan 10,1%, nilai rata-rata kelas 8,75, ketuntasan belajar klasikal 100%. Oleh karena itu, identifikasi kebutuhan dan analisis instruksional keterampilan berbicara siswa kelas akselerasi akan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:56
Last Modified: 22 Dec 2013 11:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item