Irawati , Sri (2011) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT. EXACTA, 9 (1). pp. 51-59. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
08. Sri Irawari Hal. 51-59.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan Dasar-dasar Pendidikan MIPA (DDP MIPA) pada program studi Pendidikan Biologi dengan menerapkan Pendekatan Konstruktivisme melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Indikator peningkatan kualitas pembelajaran adalah hasil belajar dan aktivitas dosen serta mahasiswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data hasil belajar dilakukan melalui hasil pos-test, sedangkan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran dipergunakan lembar observasi mahasiswa. Data lembar observasi dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rerata skor dan kategori skor, data tes dianalisis dengan menghitung rerata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor observasi mahasiswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 26 (cukup), 36,5 (baik) dan 41,5 (baik). Ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 54,29 % (tidak tuntas), 71,43 % (tidak tuntas) dan 88,89% (tuntas). Terjadi peningkatan hasil dan aktivitas pembelajaran dari siklus I ke siklus selanjutnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui model TGT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran DDP MIPA..
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 10:53 |
Last Modified: | 03 Apr 2013 10:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/529 |
Actions (login required)
View Item |