ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO XTRA CENTER RAWAMAKMUR (STUDI KASUS MAHASISWA UNIB)

Firdaus, Firdaus and Soengkono, Soengkono (2012) ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO XTRA CENTER RAWAMAKMUR (STUDI KASUS MAHASISWA UNIB). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Skripsi Firdaus-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (872kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan industri jasa khusus nya pada retail adalah salah satu industri yang paling dinamis saat ini, pemilik bisnis retail terutama yang berbasis toko (store based retailing) harus mampu mengantisipasi perubahan perubahan yang terjadi dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasi pada bisnis mereka sehingga selalu sesuai dengan life style. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian di Toserba Xtra center pada mahasiswa Univesitas Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey, dengan menggunakan teknik nonprobabilitistic sampling dengan accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta menggunakan metode penelitian analisis faktor dengan uji KMO dan Barlet’s test Selanjutnya analisis faktor ini akan dilakukan dengan metode Principal Componen Analysis (PCA) yang akan menghasilkan faktor baru. Hasil menunjukan bahwa sebagian besar konsumen yang melakukan pembelian pada Xtra Center adalah wanita sebesar 62% dengan pendapatan uang saku responden perbulan sebesar 54% berada pada Rp.500.000 – Rp. 1.000.000,-. Setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas data analisis deskriptif dengan menggunaka analisis faktor pada indikator yang menjadi penyebab keputusan pembelian maka didapatkan 5 faktor baru yang telah direduksi dari 16 faktor maka hasilnya adalah harga, produk, pelayanan, interior, lay out. Faktor yang menyebabkan keputusan pembelian tersebut menjadi fokus perusahaan dalam menciptakan suatu strategi baru dalam membangun loyalitas dengan pelanggan guna menciptakan suasana toko yang nyaman dan baik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Dec 2013 17:44
Last Modified: 22 Dec 2013 17:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item