PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PADA TOPIK OPTIKA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Warimun , . Eko Swistoro (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PADA TOPIK OPTIKA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. EXACTA, 9 (2). pp. 74-79. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
11. Eko Swistoro Hal. 74-79.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu program pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan 32 orang calon guru pada saat uji coba dan 32 orang calon guru pada saat implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, karena penelitian ini ingin mengembangkan program pembelajaran yang sesuai kondisi dan kebutuhan nyata di lapangan. Pendekatan ini memiliki sepuluh langkah, namun dalam penelitian ini ke sepuluh langkah tersebut dimodifikasi menjadi empat langkah, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan program, pengembangan program dan validasi program. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Fisika di Bengkulu. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner, tes, pedoman observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan teknik uji Gain yang dinormalisasi. Berdasarkan hasil validasi program pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan strategi problem solving dapat meningkatkan penguasaan konsep.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 04 Apr 2013 00:02
Last Modified: 04 Apr 2013 00:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item