Elvinawati , Elvinawati (2012) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN KIMIA SEKOLAH I MELALUI PENERAPAN JURNAL AKADEMIK. In: Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN B Tahun 2012. FMIPA Universitas Negeri Medan, Medan, pp. 146-149.
|
Text (Book Section)
Elvinawati SEMIRATA MEDAN 2012.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kimia Sekolah I dengan menerapkan Jurnal Akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu semester V yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar, jurnal akademik mahasiswa, dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada tiap siklusnya, dimana pada siklus I berada dalam kategori cukup, sedang pada siklus II dan III mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar, daya serap pada siklus I adalah 65,52% dengan ketuntasan belajar 60,50% ; daya serap pada siklus II adalah 75,50% dengan ketuntasan belajar 82,50% ; dan daya serap pada siklus III adalah 82,50% dengan ketuntasan belajar 94,40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan jurnal akademik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kimia Sekolah I mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 04 Apr 2013 11:23 |
Last Modified: | 04 Apr 2013 11:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
View Item |