LOWLAND RICE YIELD AND YIELD COMPONENTS OF THE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION WITHOUT ORGANIC FERTILIZER IN WET TROPICS

Masdar, Masdar and Musliar , Kasim and Bujang , Rusman and Nurhajati , Hakim and Helmi, Helmi (2006) LOWLAND RICE YIELD AND YIELD COMPONENTS OF THE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION WITHOUT ORGANIC FERTILIZER IN WET TROPICS. JIPI, 8 (2). pp. 126-131. ISSN 1411-0067

[img]
Preview
Text (Journal)
126JIPI-2006.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://faperta.unib.ac.id

Abstract

Penelitian dalam konsep sistem intensifikasi padi (SRI) menarik minat banyak pakar di berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk menaikkan hasil dengan nyata. Pengaturan jarak tanam, jumlah bibit per titik tanam, dan umur bibit adalah bagian dari SRI tersebut. Pada penelitian ini jarak tanam, jumlah bibit per titik tanam dan umur bibit disusun menurut rancangan petak-petak terbagi (Split-split Plot Design). Dipakai varitas Cisokan pada lokasi penelitian di lingkungan kampus UNAND, Limau Manis, Padang dari Januari hingga Juni 2005. Pupuk diberikan sesuai dengan rekomendasi 200 kg Urea, 200 kg SP36, dan 150 kg KCl. Variabel yang diamati meliputi umur panen, jumlah anakan produktif, jumlah bulir per malai, berat biji, komponen hasil, dan tingkat hasil. Terlihat bahwa jumlah curah hujan yang relatif tinggi dan sempitnya hari cerah selama penelitian, menjadi faktor penghambat terhadap upaya memaksimalkan produksi tanaman. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa, aplikasi SRI di daerah tersebut sangat bermanfaat karena hasil dan komponen hasil padi meningkat nyata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: planting distances, seedling numbers, the system of rice intensifications
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Journal
Depositing User: Mr. Amwaluddin Lubis
Date Deposited: 11 Apr 2012 00:14
Last Modified: 28 Apr 2012 22:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item