Hati, Gita Mutiara (2009) PENGGUNAAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN EXTENSIVE READING. In: Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan ke 5 BKS-PTN Wilayah Barat Bidang Bahasa Tahun 2009. Lembaga Bahasa dan FKIP UNSRI, Palembang, pp. 250-254. ISBN 978-979-18565-5-3
|
Text (Book Section)
1-Semirata UNSRI (B4).pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (621kB) | Preview |
Abstract
Extensive Reading adalah membaca sejumlah besar bacaan untuk mendapatkan informasi dan kesenangan. Program Extensive reading telah ada di seluruh dunia selama bertahun-tahun dengan sejumlah nama berbeda, seperti Book Flood, Uninterrupted Sustained Silent Reading, Pleasure Reading, Drop Everything and Read, Silent Uniterrupted Reading for Fun, dan lain sebagainya. Sejumlah besar sumber bacaan sangat dibutuhkan pada mata kuliah ini agar dapat disebut “extensive”. Aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran Extensive Reading juga berbeda dari Reading yang biasa. Persoalan yang muncul adalah bagaimana mendapatkan dengan mudah sejumlah besar materi bacaan yang autentik dalam bahasa target yang diperlukan untuk pembelajaran Extensive Reading? Aktivitas apa saja yang bisa dilaksanakan pada Extensive Reading agar mahasiswa termotivasi untuk membaca lebih banyak? Makalah ini akan mengkaji mengenai tren penggunaan internet dalam membantu mahasiswa belajar Extensive Reading. Penggunaan internet dapat membantu baik dosen maupun mahasiswa dalam pembelajaran Extensive Reading. Internet sangat berperan dalam menyediakan sumber bacaan yang berlimpah. Selain itu juga banyak program yang dapat digunakan baik oleh dosen maupun mahasiswa sebagai aktivitas pada perkuliahan Extensive Reading. Program yang dapat dimanfaatkan untuk Extensive Reading antaralain adalah e-mail dan mailing list, chatrooms, world wide web, facebook, atau melalui search engines seperti Google, Yahoo, Dogpile, Altavista, dan masih banyak yang lain. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam menggunakan internet pada pembelajaran Extensive Reading. Baik mahasiswa maupun dosen bisa mendapatkan sejumlah besar bacaan sesuai dengan minat dan level mereka masing-masing. Persoalan yang miuncul adalah tidak semua orang merasa nyaman dalam menggunakan computer. Kesulitan lain yang masih dihadapi adalah masih terbatasnya fasilitas internet yang dapat diakses mahasiswa dan dosen secara bebas dan mudah. Walaupun sudah ada fasilitas hotspot di kampus di mana mahasiswa dan dosen dapat mengakses internet secara gratis di area kampus, masih saja ada masalah yang muncul yakni tidak semua orang memiliki laptop.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 17:56 |
Last Modified: | 14 May 2013 17:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
View Item |