Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu

Inzani,, Ika and Puspa , Djuwita and Rita , Sinthia (2012) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Ika Inzani-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn di kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksananakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi atau pengamatan dan lembar penilaian kemampuan berpikir kritis. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data penilaian kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 27 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 28 dengan kategori cukup. Sedangkan hasil penilaian kemampuan berpikir kritis siswa dari 35 siswa diperoleh 67,89 (2) pada siklus ll diperoleh nilai rata-rata lenbar observasi guru sebesar 33 dengan kategori baik dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 35 dengan kategori baik, sedangkan hasil penilaian kemampuan berpikir kritis siswa dari 35 siswa diperoleh 80,24. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn siswa SD Negeri 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:18
Last Modified: 24 Dec 2013 12:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item