PENERAPAN BIDANG MIRING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI ROLL DEPAN DAN ROLL BELAKANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP SELATAN

Saryanto, Saryanto and Sugiyanto , Sugiyanto and Asep, Suratman (2013) PENERAPAN BIDANG MIRING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI ROLL DEPAN DAN ROLL BELAKANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (360kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada pentingnya penerapan bidang miring senam lantai di lingkungan sekolah dalam pembelajaran Penjaskes terutama pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode “Penerapan Bidang Miring sebagai media pembelajaran senam lantai materi roll depan dan roll belakang” dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Dengan penelitian tindakan kelas jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 35 Orang siswa, 15 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan sistim siklus yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data ini dilakukan melalui pengamatan, observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh pada siklus I observasi siswa mendapat nilai 5,1 termasuk kategori kurang, sementara pada siklus II mendapat nilai 8,0 dengan kategori baik. Adapun hasil tes siswa pada siklus I rata-rata 5,1 daya serap 14,3% hal ini belum mencapai ketuntasan belajar, untuk siklus II terjadi peningkatan siswa mendapatkan nilai rata-rata 8,0 dan daya serap 77,1% dari data di atas. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes dengan menggunakan metode “Penerapan Bidang Miring sebagai media pembelajaran senam lantai materi roll depan dan roll belakang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran penjaskes.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:55
Last Modified: 24 Dec 2013 12:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item