PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS BUDAYA

Alexon, Alexon (2010) PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS BUDAYA. In: PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS BUDAYA. FKIP UNIB Press, Bengkulu, Indonesia, pp. 1-25. ISBN 978-602-8043-17-5 (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Book)
Buku Alexon.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (485kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran inovatif di SD yang didesain dengan mengintegrasikan budaya pada proses pembelajaran diorientasikan untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya lokal. Hal ini penting agar pada anak usia SD yang masih melihat dirinya sebagai pusat lingkungan tumbuh pemahaman utuh tentang jati diri sebagai warganegara Indonesia yang pada akhirnya menjadi filter dalam menghadapi tantangan derasnya nilai-nilai globalisasi. Secara substansial, konsep pembelajaran inovatif untuk meningtkatkan apresiasi budaya siswa dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu yang holistik dan pembelajaran berbasis budaya yang konstruktivistik. Pembelajaran seperti ini fokus pada tema yang dikembangkan berdasarkan pengalaman awal budaya siswa.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Mr. Amwaluddin Lubis
Date Deposited: 17 Apr 2012 22:42
Last Modified: 21 Apr 2012 15:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item