PENERAPAN MODEL HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN 06 Pondok Kelapa)

Suprayitno, Suprayitno and Arwin, Arwin and Izzudin, Izzudin (2013) PENERAPAN MODEL HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN 06 Pondok Kelapa). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sup.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (369kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sup.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar yang dilaksanakan melalui model pembelajaran humanistik siswa kelas IV khususnya di Sekolah Dasar Negeri 06 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode berupa Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian tindakan merupakan pengumpulan informasi yang sistematis yang dirancang untuk menghasilkan perubahan sosial. Bogdan & Biklen, 1982 Dalam Burns, (1999). Sebagai subyek penelitian adalah siswa siswi kelas IV yang berjumlah 23 orang dengan komposisi 12 orang laki-laki dan 11 Orang Perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilaksanakan melalui model pembelajaran humanistik meningkat pada putaran pertama adalah 20 %, putaran kedua 40 % dan putaran ketiga 78 %. Sedangkan aktifitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran humanistik mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari persentase interaksi keterampilan positif umum pada putaran pertama 20%, putaran kedua 40 %, putaran ketiga 78 %, sedangkan persentase interaksi perilaku positif umum putaran pertama 20 %, putaran kedua 38 % dan putaran ketiga 79 %. Diharapkan dengan peningkatan hasil belajar yang diperoleh dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga dapat mendukung semua proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 15:40
Last Modified: 24 Dec 2013 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item