PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arga Makmur)

Kawice, Ketut and Rambat, Nur Sasongko and Bambang, Sahono (2009) PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arga Makmur). Masters thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
TESIS JADI_KAWICE FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi profesional guru sosial dan tujuan khusus adalah: ( 1 ) untuk meningkatkan penguasaan materi , ( 2 ) untuk meningkatkan strategi guru prossess pembelajaran , ( 3 ) untuk meningkatkan manajemen kelas , ( 4 ) untuk meningkatkan evaluasi pembelajaran . Penelitian Penelitian ini menggunakan tindakan dan subjek utama penelitian adalah guru sosial di nomor SMP satu Arga Makmur . Pengumpulan data dan instrumen pengembangan yang digunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi . Kemudian , data penelitian dianalisis dengan pendekatan kualitatif . Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang masing-masing adalah : perencanaan, melakukan tindakan, observasi , dan refleksi . Hasil penelitian ini adalah : ( 1 ) siklus pertama , pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan di prossess belajar tentang 74,38 % , penguasaan bahan ajar tentang 74,38 % , 75,00 % manajemen kelas , dan evaluasi belajar 75,00 % . ( 2 ) siklus kedua pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan di prossess belajar 83,75 % , strategi bahan ajar 83,13 % , 83,75 % manajemen kelas , dan evaluasi belajar 82 , 50 % . ( 3 ) siklus ketiga pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan belajar di prossess 94,38 % itu berarti guru telah penguasaan materi , strategi pengajaran materi 93,13 % , itu berarti strategi telah lebih baik , manajemen kelas 94,38 % , itu berarti kelas yang kondusif , dan evaluasi pembelajaran 93,13 % , itu berarti telah lebih baik . Peneliti menyarankan kepala sekolah harus dilaksanakan pengawasan klinis dan guru harus inovatif dan komprehensif bahan .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 24 Dec 2013 19:56
Last Modified: 24 Dec 2013 19:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5812

Actions (login required)

View Item View Item