PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU

Kontesa, Wesi and Alexon, Alexon and Riskan, Riskan (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-wes-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-wes-FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa (putra 18 siswa, putri 12 siswa). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar guling belakang.Penelitian ini dibantu oleh dua orang teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh teman sejawat dan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan kualitas belajar dari pembelajaran awal hanya 16,00% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran menjadi 81,33%. Pendekatan PAKEM juga dapat meningkatkan hasil belajar senam guling belakang 73,33%. pada siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 30 Dec 2013 00:11
Last Modified: 30 Dec 2013 00:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item