KAJIAN MANAJEMEN WARGA BELAJAR, TUTOR, KURIKULUM, DAN SARANA PRASARANA PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL BINAAN PKBM TUNAS AGUNG DI DESA PAKU HAJI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Disriana, Disriana and Zainal, Agus and Sumarsih, Sumarsih (2007) KAJIAN MANAJEMEN WARGA BELAJAR, TUTOR, KURIKULUM, DAN SARANA PRASARANA PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL BINAAN PKBM TUNAS AGUNG DI DESA PAKU HAJI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-DIS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
I,II,III-DIS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen warga belajar, tutor, kurikulum dan sarana prasarana yang diselenggarakan PKBM Tunas Agung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini mengarah kepada keadaan-keadaan dan individu-individu secara holistik (utuh). Metode ini bertujuan untuk menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok-kelompok tertentu dan menunjukkan frekuensi adanya hubungan tertentu antara suatu gejala dengan gejala lain yang ada dalam masyarakat. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses pengumpulan data, setelah data terkumpul peneliti mereduksi data dengan jalan merangkum laporan lapangan, mencatat, menggolongkan, dan mengklarifikasi hal-hal yang relevan dengan fokus penelitian, mendisplay data sehingga hubungan data yang satu dengan data yang lainnya menjadi jelas dan saling terkait membentuk kesatuan yang utuh, membandingkan dan menganalisis data yang satu dengan data yang lainnya secara lebih dalam, menarik kesimpulan, dan memberi rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola PKBM Tunas Agung telah memanajmenen warga belajar, tutor, kurikulum dan sarana prasarana dengan cukup baik. Dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat sejumlah kendala-kendala dalam menyelenggarakan program tersebut, namun kendala-kendala itu dapat segera diatasi dengan bekerja sama dan saling membantu antara pihak-pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 09:51
Last Modified: 31 Dec 2013 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item