MODEL   PENDIDIKAN   PARTISIPATIF   PADA   SEKOLAH   RAKYAT  ALTERNATIF  (SRA ) (   Di   Desa Sumber   Urip  Kec.  Selupu  Rejang  Kab.   Rejang  Lebon g  )  

Nurdiyanah , Nurdiyanah and Sasongko, Rambat Nur and Makmurtomo, Agus (2007) MODEL   PENDIDIKAN   PARTISIPATIF   PADA   SEKOLAH   RAKYAT  ALTERNATIF  (SRA ) (   Di   Desa Sumber   Urip  Kec.  Selupu  Rejang  Kab.   Rejang  Lebon g  ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-NUR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
I,II,III-NUR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Model Pendidikan yang partisipatif, yang mencakup 1) latar belakang berdirinya Sekolah Rakyat Alternatif (SRA) yang partisipatif, 2) perumusan dan penerapan kurikulum yang partisipatif di SRA dan 3) Penerapan metode pembelajaran yang partisipatif di Sekolah Rakyat Alternatif (SRA). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif eksploratif. Subyek penelitian diambil berdasarkan kebutuhan data dengan tehnik “Purposive sampling” informan dalam penelitian ini adalah pengggas, kepala SRA, tutor dan warga belajar. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam (in depth intervie), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data yakni data yang sudah diperoleh secara perlahan diolah seiring proses penelitian dengan cara merangkum data, memberikan makna, dan data-data tersebut diseleksi untuk dimasukkan ke dalam tema-tema tertentu, penyajian data yakni meliputi pengujian, penilaian, kategorisasi, evaluasi, membandingkan, melakukan sintesa dan merenungi kembali data yang diperoleh dan disimpulkan secara holistik, dan yang terakhir simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan di Sekolah Rakyat Alternatif merupakan salah satu Pendidikan Non Formal dan sekaligus In Formal. Dalam model pendidikan yang berlatar belakang dari persoalanpersoalan masyarakat setempat dan di kemas oleh masyarakat sendiri. 1. Pendirian SRA yang partisipatif merupakan satu media belajar yang di bangun atas dasar kepentingan seluruh masyarakat. 2. Metode belajar mengajar yang patisipatif, dimana dari keseluruhan rangkaian proses belajar tersebut benar-benar mengharapkan kesetaraan, yang melibatkan masyarakat dalam penentuan metode belajar. 3. Kurikulum yang dirumuskan secara bersama-sama dan menjadi kebutuhan masyarakat, penerapannya pun tidak terlepas dari tingkatan partisipatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa sifat dari pendidikan yang diterapkan Sekolah Rakyat Alternatif sangat partisipatif. Adanya pendidikan di Sekolah Rakyat Alternatif tidak lain sebagai wadah masyarakat untuk belajar bersama sepanjang hayat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Sumber Urip. Dari hasil penelitian dapat disampaikan saran : perlu ada koordinasi, bimbingan, dukungan, peran aktif, partisipasi dan sumbangan pikiran dari pemerintah, masyarakat dan tenaga pendidikan non formal dalam pertumbuhan dan perkembangan SRA.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 10:38
Last Modified: 31 Dec 2013 10:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item