ANALYSIS OF COHERENCE IN ARGUMENTATIVE ESSAYS WRITTEN BY THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU

Fajar Arieza, Ramadhan and Esti , Ambaratsari and Mei , Hardiah (2013) ANALYSIS OF COHERENCE IN ARGUMENTATIVE ESSAYS WRITTEN BY THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-ram.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-ram.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Anali sa koherensi dala m essa y argumentati ve yang ditulis oleh mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Uinversitas Bengkulu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui koherensi pada essay argumentative yang ditulis oleh mahasiswa. Difokuskan yang pertama pada konten dari essay yang terdiri dari paragraf pembuka, isi dari essay, dan paragraph penutup. Kedua difokuskan pada kebahasaan dari essay, dan ketiga pada pengorganisasian dalam menulis essay. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa semester enam pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Data diambil berdasarkan purposive sampling menggunakan metode dokumentasi, sampelnya adalah 30 essay argumentative yang ditulis oleh siswa dan dianalisa oleh dua peneliti yaitu: Peneliti (Penulis Skripsi ini), dan Peneliti Pembantu sebagai peneliti pendamping. Hasil analisa data disajikan secara deskrptif, dan hasilnya menunjukkan bahwa ada 2 essay dengan persentase 6.66% yang dikategorikan dalam kategori very good essay, ada 16 essay dengan persentase 53.33% yang dikategorikan sebagai Good essay, ada 10 essay dengan persentase 33.33% yang dikategorikan sebagai barely acceptable essay, terdapat 2 essay dengan persentase 6.66% yang dapat dikategorikan sebagai Poor essay, dan yang terakhir tidak ditemukannya essay yg dikategorikan dalam Very Poor essay. Setidaknya ditemukan 18 essay yang mempunyai koherensi dibandingkan 12 essay lainnya. Sementara dalam penggunaan transitional signal, repetition key noun, pronoun reference, dan logical order telah bervariasi dilakukan dalam penulisan essay dan telah ditampilkan dalam tingkatan kekoherensian berdasarkan setiap penggunaan komponen – komponen dalam penulisan essay, dan ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mampu menulis kompisisi dalam essay tapi masih perlu lebih memperdalam lagi dalam berlatih menulis koherensi dalam essay.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 11:28
Last Modified: 31 Dec 2013 11:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item