Dina, Dina and Abdullah, Ilham and Zulkarnain, Rufran (2007) evaluasi hasil pembelajaran warga belajar program keaksaran fungsional angkatan 1 tahun 2006-2007 pada sanggar kegiatan belajar kabupaten seluma (berdasarkan acuan evaluasi pembelajaran program keaksaran fungsional oleh direktorat pendidikan masyarakat tahun 2005). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-DIN-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (239kB) |
|
Text
IV,V-DIN-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan dasar dan kemampuan fungsional warga belajar program keaksaraan fungsional (KF) SKB Kabupaten Seluma diukur dari standar kompetensi keaksaraan (SKK). Definisi dari program KF adalah salah satu bentuk pelayanan pendidikan luar sekolah untuk membelajarkan anggota masyarakat penyandang buta aksara, agar memiliki kemampuan menulis, membaca, berhitung dan menganalisa yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan sekitarnya, sehingga warga belajar dan masyarakat dapat meningkatkan mutu dan taraf hidupnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data yang valid dan reliabel, digunakan empat instrumen yaitu: tes keaksaraan fungsional, observasi dan wawancara serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data digunakan analisa rata-rata hitung. Hasil penelitian tentang tingkat kemampuan dasar dan kemampuan fungsional warga belajar program keaksaraan fungsional SKB Kabupaten Seluma diukur dari standar kompetensi keaksaraan (SKK) adalah sebagai berikut: 1. Tingkat kemampuan dasar membaca warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (12,4) dengan kualifikasi cukup. 2. Tingkat kemampuan dasar menulis warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (15,2) dengan kualifikasi baik. 3. Tingkat kemampuan dasar berhitung warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (35,8) dengan kualifikasi sangat baik. 4. Tingkat kemampuan fungsional membaca warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (8,8) dengan kualifikasi kurang. 5. Tingkat kemampuan fungsional menulis warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (13,2) dengan kualifikasi kurang. 6. Tingkat kemampuan fungsional berhitung warga belajar program keaksaraan fungsional binaan SKB kabupaten Seluma adalah (18,6) dengan kualifikasi cukup. 7. Komponen tingkat kemampuan dasar yang terendah di capai oleh warga belajar adalah kemampuan membaca yaitu (12,6) dengan kualifikasi cukup. Sedangkan tingkat kemampuan dasar yang tertinggi dicapai oleh warga belajar adalah kemampuan berhitung yaitu (35,8) dengan kualifikasi sangat baik. 8. Komponen tingkat kemampuan fungsional yang terendah di capai oleh warga belajar adalah kemampuan membaca yaitu (8,8) dengan kualifikasi kurang dan menulis yaitu (13,2) dengan kualifikasi kurang. Sedangkan tingkat kemampuan fungsional yang tertinggi dicapai oleh warga belajar adalah kemampuan berhitung yaitu (18,6) dengan kualifikasi cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 11:49 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 11:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5964 |
Actions (login required)
View Item |