ANALISIS KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH (MDA) AL QURANIYAH KOTA MANNA

Puspita, Kurnia and Abdullah , Ilham and Zulkarnain, Rufran (2007) ANALISIS KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH (MDA) AL QURANIYAH KOTA MANNA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-KUR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (440kB)
[img] Text
I,II,III-KUR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah yaitu Bagaimana analisis keberhasilan kepemimpinan dalam pengelolaan Madrasah Diniyah Awaliyah Al Quraniyah ? yang dirincikan dalam item pertanyaan yaitu: (1) Bagaimana struktur organisasi kepemimpinan dalam pengelolaan kegiatan MDA Al Quraniyah ? (2) Siapa pemimpin yang paling berpengaruh diantara keempat pemimpin yang pernah mengelola kegiatan pendidikan pada MDA Al Quraniyah Kota Manna ? (3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan pimpinan yang berpengaruh dalam pengelolaan kegiatan MDA Al Quraniyah Kota Manna ? (4) Bagaiman bentuk kepemimpinan yang diterapkan sehingga menjadi pemimpin yang paling berpengaruh pada MDA Al Quraniyah ? (5) Bagaimana pendapat stakeholders terhadap kepemimpinan pimpinan yang paling berpengaruh dalam pengelolaan MDA Al Quraniyah Kota manna. Metode Penelitian deskriptif kualitatif, peneliti adalah instrumen utama. Subyek penelitian ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al Quraniyah, pimpinan MDA Al Quraniyah, guru dan staf tata usaha, alumni dan wali murid (stakeholders) yang berjumlah 10 0rang. Tempat penelitian di Kota Manna Bengkulu Selatan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 tehnik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, simpulan. Berdasarkan pengolaan data dapat disimpulkan secara umum, Analisis keberhasilan kepemimpinan dalam pengelolaan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al Quraniyah sangat menentukan keberhasilan dari pengelolaan MDA Al Quraniyah, secara khusus antara lain: 1) Struktur organisasi kepemimpinan MDA Al Quraniyah terdiri dari Pimpinan Pondok Pesantren Al Quraniyah, Pimpinan MDA Al Quraniyah, srta guru dan staf tata usaha. 2) Pimpinan yang paling berpengaruh di antara keempat pimpinan yang pernah mengelola kegiatan pendidikan pada MDA Al Quraniyah adalah bapak Abdullah Munir (Pimpinan Pondok Pesantren Al Quraniyah/pimpinan MDA yang pertama kali). 3) Bentuk pengaruh kepemimpinan pimpinan yang paling berpengaruh dalam pengelolaan MDA Al Quraniyah yaitu beliau masih sring melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan MDA Al Quraniyah. Beliau mempunyai ilmu pengetahuan agama yang mendalam, mempunyai kepribadian yang baik, mempunyai kemampuan dalam mengelola kegiatan, serta mampu bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik. 4) Bentuk kepemimpinan yang diterapkan sehingga menjadi pemimpin yang paling berpengaruh adalah tipe kepemimpinan yang demokratis. 5) Pendapat stakeholders tentang kepemimpinan pimpinan MDA Al Quraniyah yang paling berpengaruh bahwa dia merupakan seorang pimpianan yang demokratis, mempunyai ilmu pengetahuan keagamaan yang baik, mempunyai kepribadian yang baik, mempunyai kemampuan sebagai pemimpin dalam pengelolaan MDA serta mampu bersosialisasi dengan masyarakat. Sehingga masyarakat mempunyai kepercayaan untuk memasukkan anaknya ke MDA Al Quraniyah. Rekomendasi yang ingin peneliti sampaikan antara lain: 1) Kepada Bapak Drs. Abdullah Munir, M.Pd untuk tetap melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan pengelolaan MDA Al Quraniyah. 2) Kepada pengelola MDA Al Quraniayah untuk tetap melakukan koordinasi antara bawahan dengan pimpinan maupun sebaliknya antara pimpinan dengan bawahan, serta melakukan kaderisasi kepemimpinan sehingga mampu mempertahankan eksistensi pengelolaan MDA Al Quraniyah di masa yang akan datang. 3) Diharapkan ada penelitian lanjut tentang aspek lain ataupun pada aspek yang sama sehingga informasi tentang MDA Al Quraniyah dapat tergambar secara utuh. 4) Kepada MDA lain yang ada di bengkulu Selatan diharapkan dapat bekerja sama dengan MDA Al Quraniyah agar dapat saling memberikan motivasi dalam mencapai prestasi. 5) Bagi masyarakat luas (umat muslim) yang mempunyai anak usia 6-12 tahun mari kita masukkan anak kita ke MDA untuk membekali mereka dengan ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 12:26
Last Modified: 31 Dec 2013 12:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item