PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU ( Classroom Action Research )

Aini, Risalatul and Bahar, Amrul and Elvia, rina (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU ( Classroom Action Research ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-RIS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (696kB)
[img] Text
IV,V-RIS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media hand out. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subjek penelitian siswa kelas X2 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007. penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media hand out dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 15 dengan kategori cukup, siklus II rata-rata skor 23 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor meningkat menjadi 28 juga dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukan nilai rata-rata 6,22; daya serap klasikal 62,22 % dan ketuntasan belajar klasikal 55,56 %, siklus II menunjukan nilai ratarata 7,26; daya serap klasikal 72,63 %, dan ketuntasan belajar klasikal 81,58 %, siklus III menunjukan nilai rata-rata 7,81; daya serap klasikal 78,16 % dan ketuntasan klasikal 89,47 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 13:43
Last Modified: 31 Dec 2013 13:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5989

Actions (login required)

View Item View Item