PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT FISIK TIGA JENIS KERIPIK PISANG PRODUKSI TOKO MAHKOTA DI PROVINSI LAMPUNG

Lumbantoruan, Sartika and Ketut, Sukiyono and M., Zulkarnain Y. (2013) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT FISIK TIGA JENIS KERIPIK PISANG PRODUKSI TOKO MAHKOTA DI PROVINSI LAMPUNG. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
Bab I, II-Sartika Lumbantoruan-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (327kB)
[img] Text (Thesis)
Bab III,IV,V,VI-Sartika Lumbantoruan-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (273kB)
[img] Text (Thesis)
DafPust-Sartika Lumbantoruan-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (710kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, Toko Mahkota sebagai salah satu objek penelitian karena Toko Mahkota merupakan salah satu industri rumah tangga yang memproduksi keripik pisang aneka rasa. Adapun jenis pisang yang digunakan di Toko Mahkota dalam pembuatan keripik pisang adalah jenis pisang kepok. Banyak pilihan rasa yang ditawarkan oleh pedagang keripik pisang seperti keripik pisang rasa coklat, keripik pisang rasa keju, keripik pisang rasa moka, dan lain- lain. Menurut Angga, pemilik usaha Mahkota bahwa pisang kepok kebanyakan diperoleh dari Kota Natar, Kota Jati Agung dan Beranti. Keripik pisang aneka rasa merupakan oleh- oleh khas dari Kota Lampung. Hal ini menyebabkan banyak masyrakat lampung membuka usaha dengan berjualan keripik pisang aneka rasa. Persaingan yang sangat ketat membuat para pelaku usaha harus dapat mengetahui prefrensi konsumen terhadap keripik pisang aneka rasa yang dijual khususnya preferensi terhadap atribut fisik keripik pisang aneka rasa. Menurut Nicholson (2001) dalam Febrianti (2011), suatu konsep preferensi menyatakan bahwa jika seseorang mengatakan dia lebih menyukai A daripada B Keripik pisang Mahkota ini memiliki saingan yang berat dengan salah satu produsen keripik pisang yang sangat terkenal di Provinsi lampung yaitu keripik pisang merek Suseno. Keripik pisang merek Suseno ini adalah keripik pisang yang pertama sekali di produksi Lampung. Banyak masyarakat terutama yang berada diluar Provinsi Lampung jika membeli keripik pisang aneka rasa maka yang pertama mereka ingat adalah keripik pisang merek Suseno tersebut Penelitian ini dilakuka di Kelurahan Kedaton Provinsi Lampung yaitu yang dilakukan pada Toko Mahkota. Pengambilan sampel konsumen dilakukan dengan cara accidental sampling yaitu konsumen yang membeli keripik pisang aneka rasa di Toko Mahkota. Dalam penelitian ini, jumlah responden sebanyak 62 orang. Dalam analisis data, untuk mengidentifikasi preferensi konsumen konsumen terhadap atribut fisik dari keripik pisang merek Mahkota dianalisis secara deskriptif. Dan membandingkan atribut fisik keripik pisang Mahkota dengan keripik pisang merek Suseno dilakukan dengan menggunakan analisis chi – square. Preferensi terhadap atribut fisik dilakukan dengan cara meranking dengan melihat rata – rata. Hasil rata – rata yang paling kecil merupakan yang paling diutamakan dan disukai oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, preferensi konsumen terhadap atribut fisik keripik pisang aneka rasa adalah : (1) keripik pisang rasa coklat : ketebalan bubuk perasa (1.89), warna (2.48), ketebalan keripik (2.77) dan ukuran (2.86). (2) Keripik pisamg rasa keju : ketebalan bubuk perasa (2.71), warna (2.81), ketebalan keripik (2.13) dan ukuran (2.35). (3) Keripik pisang rasa moka : ketebalan bubuk perasa (2.75), warna (2.68), ketebalan keripik (1.98) dan ukuran (2.59). hitung pada keripik pisang aneka rasa (coklat, keju dan moka) lebih kecil dari X Dari perhitungan menggunakan chi – square menunjukan bahwa nilai X2 tabel (X ≤ X ). Nilai X tabel 2 hitung hitung pada keripik tiap – tiap keripik pisang aneka rasa adalah coklat (6.19), keju (7.36) dan moka (7.58). Hasil tersebut menunjukan hipotesis diterima artinya tidak ada perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut .fisik antara keripik pisang aneka rasa (coklat, keju dan moka) merek Mahkota dengan .keripik pisang aneka rasa (coklat, keju dan moka) merek Suseno.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 23 Sep 2013 20:01
Last Modified: 23 Sep 2013 20:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item