PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA DALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI METODE DRILL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara)

Sukarmi, Sukarmi and Sofino, Sofino and Santun , Sihombing (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA DALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI METODE DRILL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-suk.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-suk.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan melempar bola Rounders dan peningkatan aktivitas guru dan siswa melalui metode drill di SDN 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas, dengan subjek kelas V berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melempar bola rounders pada siswa kelas V SDN 01 Padang Jaya Bengkulu Utara. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada kelompok putra rata-rata lemparan pada siklus 1 sebesar 20,36, kemudian meningkat di siklus kedua sebesar 23,18. Sedangkan pada kelompok putri pada siklus 1 memperoleh ratarata lemparan sebesar 12,53 meningkat di siklus 2 dengan rata-rata sebesar 17,54 (2) Penerapan metode drill dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Penjaskes pada materi permainan rounders pada siswa kelas V SDN 01 Padang Jaya Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil observasi guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 15, kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 20, atau terjadi peningkatan sebesar 23,81%. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 14, kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 20, atau terjadi peningkatan sebesar 28,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 07 Jan 2014 12:10
Last Modified: 07 Jan 2014 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item