PENERAPAN METODE CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS V SD N 14 KETAHUN

Saputra, Wahyu Prima and Syafrial, Syafrial and Sugiyanto , Sugiyanto (2013) PENERAPAN METODE CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS V SD N 14 KETAHUN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-wah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-wah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 14 Ketahun yang berjumlah 22 orang. Yang terdiri dari 11 siswa putra dan 11 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memiliki tingkat kebugaran jasmani yang cukup. Pada hasil pra siklus siswa hanya memiliki 4,54% dalam kriteria baik, 22,72% dalam criteria sedang, 68,18% dalam kriteri kurang dan 4,54% dalam kriteria kurang sekali. Pada siklus pertama dengan penerapan metode circuit training yang tepat, tingkat kebugaran jasmani siswa sebesar 27,27% dalam kriteia baik, 50% dalam criteria sedang dan 22,72 dalam kriteria kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kebugaran jasmani siswa sebesar 59,1% dalam kriteria baik dan 40,1% dalam criteria sedang. Meningkatnya kebugaran jasmani siswa merupakan pengaruh dari penerapan metode circuit training. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan metode circuit training terbukti dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 07 Jan 2014 14:34
Last Modified: 07 Jan 2014 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item