PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V D SDN 05 KOTA BENGKULU)

Wahyu, Hidayat and Ansyori , Gunawan and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V D SDN 05 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-wah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-wah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V D SD Negeri 05 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model koopertif tipe Numbered Head Together (NHT) melalui pemberian penguatan dan motivasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes di analisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 31,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 39 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 31,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 40,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 56,25 % dengan nilai rata-rata 54,22 pada siklus II meningkat menjadi 75 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 72,97. Untuk pengamatan afektif dengan perolehan kategori baik terus mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor terus mengalami peningkata dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) melalui pemberian penguatan dan motivasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya siswa kelas V D SD Negeri 05 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 10:27
Last Modified: 08 Jan 2014 10:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item