Negeri, Tini and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATI ON (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 SDN 10 CURUP TIMUR KABUP ATEN RE J ANG LEB ONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-tin.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-tin.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Peneli ti an i ni bertu juan untuk meni ngka tkan akti vi tas pembel ajar an dan hasil bel ajar Mate mati ka tentan g konse p peca han si swa kel as 3 SDN 10 Curup Ti mur mel al ui pene rapa n Model Realistic Ma thematics Education (RME) . Jeni s pen eli ti an yang dil akuka n adala h pene li tian ti ndakan kelas yang dil aksanaka n selama 2 si kl us, seti ap si kl us mel al ui tah ap perencan aan, pel aksana an, obse rva si dan re fl eksi . Subyek pen eli tian ini adal ah guru dan si swa kel as 3 SDN 10 Curu p Ti mur .T ekni k pen gumpul an dat a penelitia n i ni ter di ri dari obse rvasi, dokumenta si , dan tes. Instr umen yang di guna kan yai tu l embar observasi dan l embar tes ter tuli s. Data tes di anali si s dengan meng gun akan ru mus ra ta- ra ta dan perse ntase ketu nta san bel ajar klasi kal , seda ngka n dat a observasi di anali si s dengan anali si s secar a deskriptif meng gun akan ru mus kri teri a peni lai an. Hasil yang dipe roleh dari penelitia n yai tu: (1 ) si klus I den gan nil ai ra ta-rata 60,96 dan ketu nta san bel ajar kl asi kal 45, 16%, seda ngkan rata-rat a skor observasi akti vi tas gur u 20 ter masuk dal am kate gori Kurang dan ra ta-r ata skor obse rva si akti vi tas si swa 22 ter masuk dal am kateg or i Kuran g; (3 ) si kl us II den gan nil ai ra ta-r ata 74, 19 dan ketu nta san belajar kl asi kal 90,3 2%, sedang kan ra ta-r ata skor obse rva si akti vi tas guru 42 ter masuk dal am kate gor i bai k dan ra ta- rata skor obse rvasi akti vi tas si swa 40,5 ter masuk dalam kate gori bai k. Berda sakan hasil pen eli ti an ter sebut dap at di ambi l kesi mpul an bah wa pen er apan Mode l Realist ic Ma them atics Education (R ME) p ada pembel ajar an Mate mati ka ten tan g konse p pecahan, dap at meni ngka tkan akti vi tas pembel ajar an dan hasil bel ajar Matemati ka si swa d i kelas 3 SDN 10 Curu p Timur .
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 10:47 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 10:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6219 |
Actions (login required)
View Item |