PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATI ON (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 SDN 10 CURUP TIMUR KABUP ATEN RE J ANG LEB ONG

Negeri, Tini and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATI ON (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 SDN 10 CURUP TIMUR KABUP ATEN RE J ANG LEB ONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-tin.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-tin.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Peneli ti an i ni bertu juan untuk meni ngka tkan akti vi tas pembel ajar an dan hasil bel ajar Mate mati ka tentan g konse p peca han si swa kel as 3 SDN 10 Curup Ti mur mel al ui pene rapa n Model Realistic Ma thematics Education (RME) . Jeni s pen eli ti an yang dil akuka n adala h pene li tian ti ndakan kelas yang dil aksanaka n selama 2 si kl us, seti ap si kl us mel al ui tah ap perencan aan, pel aksana an, obse rva si dan re fl eksi . Subyek pen eli tian ini adal ah guru dan si swa kel as 3 SDN 10 Curu p Ti mur .T ekni k pen gumpul an dat a penelitia n i ni ter di ri dari obse rvasi, dokumenta si , dan tes. Instr umen yang di guna kan yai tu l embar observasi dan l embar tes ter tuli s. Data tes di anali si s dengan meng gun akan ru mus ra ta- ra ta dan perse ntase ketu nta san bel ajar klasi kal , seda ngka n dat a observasi di anali si s dengan anali si s secar a deskriptif meng gun akan ru mus kri teri a peni lai an. Hasil yang dipe roleh dari penelitia n yai tu: (1 ) si klus I den gan nil ai ra ta-rata 60,96 dan ketu nta san bel ajar kl asi kal 45, 16%, seda ngkan rata-rat a skor observasi akti vi tas gur u 20 ter masuk dal am kate gori Kurang dan ra ta-r ata skor obse rva si akti vi tas si swa 22 ter masuk dal am kateg or i Kuran g; (3 ) si kl us II den gan nil ai ra ta-r ata 74, 19 dan ketu nta san belajar kl asi kal 90,3 2%, sedang kan ra ta-r ata skor obse rva si akti vi tas guru 42 ter masuk dal am kate gor i bai k dan ra ta- rata skor obse rvasi akti vi tas si swa 40,5 ter masuk dalam kate gori bai k. Berda sakan hasil pen eli ti an ter sebut dap at di ambi l kesi mpul an bah wa pen er apan Mode l Realist ic Ma them atics Education (R ME) p ada pembel ajar an Mate mati ka ten tan g konse p pecahan, dap at meni ngka tkan akti vi tas pembel ajar an dan hasil bel ajar Matemati ka si swa d i kelas 3 SDN 10 Curu p Timur .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 10:47
Last Modified: 08 Jan 2014 10:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6219

Actions (login required)

View Item View Item