HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 69 KOTA BENGKULU

Sigiro, Susterina and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2013) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sut.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sut.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 115 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 orang dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar angket terdiri atas 66 item untuk mengukur disiplin belajar siswa dan dokumentasi hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu bulan September 2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pe rhitungan st ati sti k “Korelasi P ro duct Mom ent”. H asi l peneli ti an menunjukkan bahwa r hitung= 0,857 yang berada pada arah positif dengan interpretasi nilai r pada interval 0,6-0,8 sehingga tingkat hubungan antara dua variabel dikategorikan memiliki hubungan yang kuat, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwar tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,367. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih besar dari pada r tabel dengan taraf signifikan 5%. Dengan kata lain hipotesis terbukti dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 10:58
Last Modified: 08 Jan 2014 10:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item