PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV C SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Suryati , Suryati and Nani , Yuliantini and Wurjinem, Wurjinem (2013) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV C SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan mengembangkan kreativitas siswa. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IVC. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah data observasi aktivitas pembelajaran, data hasil belajar, dan data perkembangan kretivitas siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pada observasi aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru sebesar 30,5 dengan kategori cukup, pada siklus II menjadi 37,7 dengan kategori cukup dan pada silklus III meningkat menjadi 47,5 dengan kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 28,5 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata 33 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus III memperoleh rata-rata nilai 45 dengan kategori baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I dieroleh 46,6% dengan rata-rata 57,7, siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 60% dengan rata-rata 58,6, siklus III ketuntasan belajar mencapai 80% dengan rata-rata 75,1. Hasil belajar ranah afektif siklus I diperoleh rata-rata 5,1 dengan kriteria cukup, siklus II rata-rata skor 5,9 dengan kriteria cukup dengan, siklus III dengan peningkatan nilai rata-rata menjadi 7,4 dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 5,4 dengan kriteria cukup, siklus II rata-rata skor 6,4 dengan kriteria cukup, disiklus III rata-rata menjadi dengan kriteria baik. Perkembangan kreativitas siswa pada kategori MK yang mendapatkan presentase tertinggi pada dari siklus I, siklus II, dan siklus III dalah pada indikator sering mengajukan pertanyaan yang baik pada siklus I dengan presentase 33,3%, siklus 2 dengan presentase 53,3%, dan meningkat pada siklus III dengan presentase 63,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DRTA dapat meningkatkan aktivitas belajar, meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan mengembangkan kretivitas siswa kelas IVC SD Negeri 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 11:11
Last Modified: 08 Jan 2014 11:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item