UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA NERACA BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Matematika Pada Kelas II SDN 14 Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong)

Nuraini , Nuraini and Karjiati, Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA NERACA BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Matematika Pada Kelas II SDN 14 Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas dan hasil belajar siswa tentang perkalian dan pembagian di kelas II SD Negeri 14 Curup Kota dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode diskusi dengan menggunakan alat peraga neraca bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 14 Curup Kota dengan penerapan metode diskusi dengan menggunakan alat peraga neraca bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian. Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, guru, siswa, sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 14 Curup Kota yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes akhir, pengamatan, dan dokumentasi. Data tes dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi dan skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai tiap kriteria. Rata-rata skor observasi guru siklus I 26,5 kriteria cukup dan pada siklus II menjadi 32 kriteria baik. Rata-rata observasi siswa siklus I 23 kriteria cukup dan siklus II menjadi 31 kriteria baik Berdasarkan data tersebut maka diharapkan penerapan metode diskusi dengan menggunakan alat peraga neraca bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 14 Curup Kota.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 09:15
Last Modified: 09 Jan 2014 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item