PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVA SDN 89 KOTA BENGKULU

Junianto,, Muhammad and Resnani, Resnani and Nur , Asni (2013) PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVA SDN 89 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-muh.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-muh.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IVA SDN 89 Kota Bengkulu melalui penerapan pedekatan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IVA SDN 89 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 orang siswa, terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri atas lembar observasi dan lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data tes dianalisis dengan menggunakan nilai ratarata, persentase ketuntasan belajar klasikal dan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor. Hasil obsrvasi dalam penelitian ini terdiri atas observasi guru dan siswa. Observasi guru siklus 1 yaitu 22,5 dengan kategori cukup. Melihat pada siklus II hasil menjadi 27,75 dengan kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa siklus 1 yaitu 22,25 dengan kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi siswa 29 dengan kategori baik. Sedangkan hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai ratarata kelas sebesar 70,03 dengan ketuntasan belajar klasikal 55,17%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 76,60 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,20%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan MEDIA lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IVA SDN 89 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:04
Last Modified: 09 Jan 2014 11:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item