PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SOAL CERITA DENGAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA PADA SISWA KELAS III SDN 03 CURUP TENGAH

Merry, Merry and Tono , Sugihartono and Amrul, Bahar (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SOAL CERITA DENGAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA PADA SISWA KELAS III SDN 03 CURUP TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-mer.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-mer.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dengan cara penerapan pembelajaran pemecahan masalah model polya kelas III tentang soal cerita di SDN 03 Curup Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan presentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata- rata skor dan kriteria skor. Hasil pembelajaran yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 64% nilai rata- rata skor observasi guru 37,5 termasuk kriteria cukup dan rata- rata skor observasi siswa 25,5 dengan kriteria cukup. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa 96% dengan nilai skor rata- rata observasi guru adalah 44,5 dengan kriteria baik dan rata- rata skor observasi siswa 38 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pemecahan masalah model polya dalam pembelajaran matematika tentang soal cerita dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 03 Curup Tengah. Berdasarkan hasil kesimpulan ini juga dapat diberikan saran agar semua guru menerapkan pembelajaran model polya agar Aktivitas siswa lebih berkembang khususnya dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah pada soal cerita dan sebelum proses pembelajaran hendaknya guru menjelaskan tahap- tahap pelaksanaan pembelajaran model polya dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:18
Last Modified: 09 Jan 2014 11:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item