UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ANIMASI DI KELAS IV SD NEGERI 16 SELUPUH REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Kurniati, Kurniati and Sri , Dadi and Resnani, Resnani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ANIMASI DI KELAS IV SD NEGERI 16 SELUPUH REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-kur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-kur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS melalui pemanfaatan media animasi di kelas IV SD Negeri 16 Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media animasi di kelas IV SD Negeri 16 Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian yang di di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 16 Selupu Rejang yang berjumlah 34 siswa terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Perencanaan (Planning) , (2) Pelaksanaan Tindakan (Act ion ), (3) Observasi (O bservat ion ), (4) Refleksi ( Reflect ion ). Instrumen dalam Penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data yang di analisis dengn rata rata skor, skor tertinggi, skor terendah, dan selisih skor, dan kisaran dalam setiap kriteria.sedangkan data tes di analisis dengn menggunakan rata rata persentase ketuntasan belajar. Dalam penilaian aktivitas siswa pengamat memberikan nilai 3 jika aspek pengamatan di lakukan dengan baik , nilai 2 jika hasil penilaian di anggap cukup dan nilai 1 jika di anggap kurang. Berdasarkan hasil alisa aktivitas guru siklus I pengamat satu di peroleh skor 30 dan pengamat 2 di peroleh skor 31 dan pengamat sehingga skor rata rata aktivitas guru siklus I yaitu 30,5 mengalami peningkatan pada siklus II yang mempuyai skor rata rata aktivitas guru menjadi 36,5, mengalami perbaikan dari cukup menjadi baik pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I memiliki rata rata skor 30 menjadi 37 pada siklus II. Begitu juga pada tugas kelompok siklus I sebanyak 5 kelompok di nyatakan tuntas dan 2 kelompok lainya belum di nyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 76,47 % dan masi dalam criteria cukup. Sedangkan criteria ketuntasan k elompok di nyatak an tunt as apabila ≥ 8 k elompok yang m endapatk an nilai 60 k e atas sebanyak 70 %. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan hasil belajar anak juga mengalami peningkatan pada siklus I hanya memiliki nilai rata rata 63,5 dan persentase ketuntasan hanya 52 % mengalami peningkatan pada siklus II yang memiliki nilai rata rata 79,5 dan persentase keuntasan mencapai 91 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di ambil kesimpilan bahwa pembelajaran dengn media animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 14:23
Last Modified: 09 Jan 2014 14:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item View Item