UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 08 PADANG ULAK TANDING

Sarumpaet, Jonni and Karjiati, Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 08 PADANG ULAK TANDING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-jon.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-jon.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media kongkret dalam pembelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Ulak Tanding dan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kongkret dalam proses pembelajaran bidang ruang Mata Pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Ulak Tanding. Jenis penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas meliputi empat tahapan, dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah data tes dan data observasi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus dan diperoleh nilai kisara 12-19 kategori kurang, 20-27 kategori cukup, dan 28-36 kategori baik. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan: Aktivitas guru pada siklus I meningkat di siklus II yaitu di siklus I rata-rata skor 22,5 dengan kriteria Cukup meningkat di aktivitas siklus II yaitu 33 dengan kriteria Baik. Aktivitas siswa yang meningkat antara siklus I dan siklus II dapat dilihat dari lembar observasi siswa. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa yaitu 22,5 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan di siklus II yaitu 31 dengan kriteria baik. Di siklus I rata-rata hasil tes siswa yaitu 68,75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebanyak 55% mengalami peningkatan di siklus II dengan rata-rata hasil tes siswa yaitu 80,05 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 80% yang artinya pembelajaran di siklus II dikatakan berhasil sesuai dengan standar ketuntasan belajar secara klasikal yaitu minimal 75% siswa mendaptkan ≥70. Penerapan metode diskusi menggunakan media pada mata pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 08 Padang Ulank Tanding dapat meningkatkan aktivitas belajar guru dan siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 14:34
Last Modified: 09 Jan 2014 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item