Juwita , Astrid and Khairil, Buldani and Andi, Makhrian (2007) EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SIMPATI EKSTRA MELALUI MEDIA BILLBOARD TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN AWARENESS DAN INTEREST CALON KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pelajar Kelas IX Unggul SMPN 01 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
I,II,III-AST-FISIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
|
Text
IV,V-AST-FISIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Media yang digunakan dalam beriklan meliputi segenap perangkat yang dapat memuat atau membawa pesan-pesan penjualan kepada calon konsumennya. Seorang calon konsumen yang sebelumnya tidak pernah melihat dan mendengar mengenai suatu produk, melalui iklan maka akan tumbuh kesadaran pengenalan dan kesan dan kemudian mengerti dan tertarik terhadap merek atau produk sehingga menghantarkanya pada tahap akhir yaitu mengambil tindakan yang diharapkan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana efektivitas sebuah iklan billboard dalam pengenalan dan kesan terhadap merek yang diiklankan dan ketertarikan terhadap produk yang diiklankan. Penelitian ini dilakukan terhadap pelajar SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang menjadi audiens tetap iklan billboard kartu Simpati Ekstra yang terpasang di jalan Let. Jend Suprapto yaitu sejumlah 33 responden. Teknik penetapan sampel yang digunakan adalah metode proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dari angota populasi yang diambil atas dasar kriteria-kriteria tertentu dan diambil secara proporsional dan acak. Selanjutnya data dianalisa menggunakan teknik analisis kuantitatif. Untuk menghitung masing-masing variabel X1, X2 dan Y digunakan korelasi parsial.dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ternyata ada pengaruh antara beriklan melalui media billboard terhadap pencapaian awareness dan interest calon konsumen. Hal ini sekaligus menyatakan bahwa Hipotesis Kerja (HK) diterima dan Hipotesis Nihil (HO) ditolak. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan masing-masing variabel melalui korelasi parsial dan uji t hitung , dimana t hitung ≥ t tabel. Dari hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa efektifitas iklan kartu Simpati Ekstra melalui media billboard yang meliputi strategi dalam memilih media (X1) dan keefektifan media bilboard (X2) mempengaruhi tingkat pencapaian awareness dan interest calon konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 015 Heppy Rosita Damanik |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 20:33 |
Last Modified: | 11 Jan 2014 20:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6300 |
Actions (login required)
View Item |