STRATEGI BIDANG LAYANAN BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI BENGKULU DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG DAN GEMAR MEMBACA

Agustina, Septa and Wahyu , Widiastuti and Yuliati, Yuliati (2013) STRATEGI BIDANG LAYANAN BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI BENGKULU DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG DAN GEMAR MEMBACA. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,III-13-sep-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
Iv,V,VI,LAMp,III-13-sep-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Strategi Bidang Layanan ( fungsi kehumasan) Badan Perpustakaan Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan minat kunjung dan gemar membaca”, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh bidang layanan dalam meningkatkan minat kunjung dan gemar membaca. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen “Proses empat tahapan utama” dari Scot M.Cutlip dan Allen H. Center yaitu Penelitian dan Mendengarkan, Perencanaan dan Pengambil Keputusan, Mengkomunikasikan dan Pelaksanaan, Penilaian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada informan kunci yaitu staf bidang layanan perpustakaan daerah, dan informan pokok yaitu pengunjung yang mengunjungi perpustakaan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi bidang layanan badan perpustakaan provinsi Bengkulu dalam meningkatkan minat kunjung dan gemar membaca adalah dengan membentuk perpustakaan desa dan menambah bahan koleksi pustaka setiap tahunnya. (2) Isi pesan yang digunakan bidang layanan perpustakaan Bengkulu bersifat mengajak agar memiliki gemar membaca karena dengan membaca akan menambah pengetahuan dan jendela dunia .(3) implementasi strategi media massa yang digunakan pihak perpustakaan daerah belum maksimal karena terkendala oleh dana yang terbatas. Adapun yang menjadi kendala utama dalam meningkatkan minat kunjung dan gemar membaca menurut staf perpustakaan adalah dana yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 13 Jan 2014 13:59
Last Modified: 13 Jan 2014 19:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6336

Actions (login required)

View Item View Item