POTRET KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KOMUNITAS ANAK PASAR DI BENGKULU

Marlena, Yesir and Gushevinalti, Gushevinalti and Rasianna, Br Saragih (2013) POTRET KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KOMUNITAS ANAK PASAR DI BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
IV,V,VI,LAMP,III-13-yes-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
I,II,III,III-13-yes-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Anak-anak pasar memiliki sikap yang gampang tersinggung mudah marah dan sulit untuk diatur, untuk itu guru dikomunitas menggunakan komunikasi interpersonal untuk berkomunikasi dengan anak-anak pasar. Komunikasi ini dianggap paling efektif dalam hal mengubah sikap, pendapat dan perilaku seseorang, karena sifatnya dialogis, berupa percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang guru lakukan pada anakanak pasar dengan menggunakan syarat komunikasi interpersonal yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui data wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dikomunitas menggunakan 5 syarat komunikasi interpersonal yang efektif ketika berkomunikasi dengan murid. Guru selalu melakukan pendekatan pada murid dengan mengupayakan suasana keterbukaan, juga melakukan empati guna mengetahui harapan serta keinginan anak tersebut agar bisa memahaminya. Selain itu guru juga memberikan dukungan kepada murid sebagai dorongan agar mereka bersemangat, memberikan contoh yang baik pada murid, nasehat serta motivasi agar bisa menjadi pribadi yang positif. Untuk selalu menciptakan suasana yang akrab guru melakukan pendekatan agar bisa memahami mereka, serta tidak membeda-bedakan antara anak yang mampu sekolah dengan anak yang tidak mampu sekolah. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak merasakan perbedaan dan merasa semua sama-sama dihargai. Sehingga memudahkan guru untuk mengarahkan, mendukung serta memotivasi anak-anak pasar tersebut ke arah yang positif agar kedepannya mereka tidak terjerumus dalam kemiskinan, kebodohan serta kriminalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 13 Jan 2014 14:14
Last Modified: 13 Jan 2014 19:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item