ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN NILAI TAMBAH PRODUK KOPI TERIPANG JAHE DALAM KEMASAN DI KOTA BENGKULU

Sarumpaet, Pahala Ihut Marito and Kurnia, Herlina Dewi and Evanila, Silvia (2013) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN NILAI TAMBAH PRODUK KOPI TERIPANG JAHE DALAM KEMASAN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
Bab I,II-Pahala-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
DaftPus-Pahala-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
Bab III,IV,V-Pahala-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Industri kopi mempunyai peluang usaha yang menjanjikan dan salah satu produk kopi olahan yang potensial adalah “Kopi Teripang Jahe”. Sebenarnya kopi herbal telah banyak beredar di pasaran. Tetapi dengan ditambahkannya bubuk teripang pasir diharapkan “Kopi Teripang Jahe” dapat merebut perhatian konsumen, meningkatkan nilai tambah produk dan dapat bertahan serta bersaing dengan produk kopi olahan lainnya. Teripang pasir (Holothuria scabra) merupakan hasil laut yang digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen berkaitan dengan atribut “ Kopi Teripan g J ahe” dalam kemasan di Kota Bengkulu dari berbagai profil konsumen dan mendapatkan nilai tambah produk kopi tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling dengan jumlah sampel 100 orang responden yang dianggap mewakili konsumen dalam berbagai segmen pasar di Kota Bengkulu. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, analisis ImportancePerformance Analysis (IPA) untuk mengetahui rekomendasi perbaikan atribut produk serta metode Hayami untuk menghitung nilai tambah. Berdasarkan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) konsumen dinyatakan puas pada produk Kopi Teripang Jahe tetapi direkomendasikan untuk melakukan perbaikan pada atribut aroma, kekentalan dan rasa. Hasil analisa nilai tambah kopi teripang jahe di dapatkan sebesar Rp 625.858,-/kg dengan rasio 45%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 29 Sep 2013 15:39
Last Modified: 29 Sep 2013 15:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item