Hamdani, Dedy (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. EXACTA, 8 (1). pp. 10-18. ISSN 1412-3617
|
Text (Article)
02. Dedy Hamdani Hal. 10-18.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (99kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 41 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian (a) hasil belajar siswa terdiri dari aspek pemahaman konsep dan aspek kinerja ilmiah. Untuk aspek pemahaman konsep pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,09 dan ketuntasan belajar 87,80% (tuntas), pada siklus II dengan nilai rata-rata 73,85 dan ketuntasan belajar 97,56% (tuntas). Sedangkan pada aspek kinerja ilmiah pada siklus I dengan skor rata-rata 12,50 dalam kategori cukup dan pada siklus II dengan skor rata-rata 13,37 dalam kategori baik. (b) aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I dengan skor rata-rata sebesar 33 dalam kategori baik, pada siklus II sebesar 37,5 dalam kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Journal |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 21 Mar 2014 09:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2014 09:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6690 |
Actions (login required)
View Item |