PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REATISTIK TERHADAP KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA SMP

Haji, Saleh (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REATISTIK TERHADAP KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA SMP. EXACTA, 9 (2). pp. 59-65. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Archive (Article)
B7_SALEH HAJI_ JURNAL NAS TDK TERAKREDITASI_EXACTA UNIB_2011.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran matematika realistik didasari'atas prinsip dan karakteristik dari Realistic Mathematics Education yang menempatkan siswa sebagai pembelajar yang aktif mengkonstruksi pengetahuan guna mencapai kompetensi matematika yang terdiri atas: pemahaman konsep, eteramfilan berproiedur, kompetensi strategik, penalarut adaptif, dan disposisi produktif. Langkah-langkah pembelajaran matematika realistik adalah a. pengantar pembelajaran, b. penyarnpaian masalah kontekstual; c. penyelesaian iuasalah kontekstual; d. Refleksi; ". p.ni.it un kesimpulan, dan f. Pemantapan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kompetensi matematika? Dengan disain analisis varians dua jalur (3x2) diperoleh hasil sebagai berikut: (l). Model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kompetensi matematika siswa SMP, (2) Terdapat perbedaan kompetensi matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran matematika realistik dengan yang diajar melalui pembelajaran biasa, (3). erdapat perbedaan kompetensi matematika siswa berdasarkan peringkat sekolah (4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kompetensi matematika siswa berdasarkan peringkat sekolah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 03 Apr 2014 08:39
Last Modified: 03 Apr 2014 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item View Item