KIAT PENGAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH

Haji, Saleh (2014) KIAT PENGAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH. In: Kiat Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Hasil Belajar <Atematika Sekolah, 02 Desember 2009, Universitas Darussalam Ambon.

[img]
Preview
Archive (Proceding)
B40_SALEH HAJISEMNAS TDK BERPROSDING_UNIDAR AMBON_2009.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang membekali siswa agar memiliki kompetensi dalam berpikir logis, sistematis, dan konsisten. Sehingga, mata pelajaran matematika diberikan mulai Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Karena berkaitan dengan penataan pola pikir, matematika termasuk mata pelajaran yang abstrak. Objek yang dipelajari matematika abstrak, seperti: fakta,konsep, prinsip, dan skill. Pada sisi lain, perkembangan mental siswa bervariasi, mulai tahap sensori motor, preoperasi, operasi konkrit, dan operasi formal. Ketidak sesuaian antara cara penyampaian matematika dengan tahap perkembangan mental anak akan membuat anak sukar memahami materi matematika dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan cara atau kiat mengajarkan matematika yang dapat menyenangkan bagai anak sehingga mereka dapat memahami materi matematika dengan baik.Kiat mengajarkan matematika tersebut adalah: 1. memulai pelajaran matematika dengan cara yang menarik, 2. gunakan topiktopik sejarah, 3. gunakan alat peraga secara efektif, dan 4. sediakan perlengkapan untuk penemuan oleh siswa, dan 5. akhiri pelajaran dengan sesuatu yang istimewa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 13:56
Last Modified: 03 Apr 2014 13:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item