PENGUATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MELALUI PELIBATAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Manap, Somantri (2014) PENGUATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MELALUI PELIBATAN PARTISIPASI MASYARAKAT. In: Seminar Internasional Akselerasi Profesionalisasi Administrator Pendidikan di Indonesia, 29 November 2013, Gedung JICA - UPI.

[img]
Preview
Archive (Proceeding)
B11 Manap, 2013 Proceding Seminar International Profesionalisasi Adm Pendidikan.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen berbasis sekolah yang lebih mengedepankan pelibatan partisipasi masyarakat guna implementasi kurikulum 2013 di Bengkulu. Implementasi kurikulum 2013 memberi harapan baru untuk menghadirkan pendidikan yang lebih membumi, dimana peserta tidak tercerabut dari akar budayanya, bahkan menjadi instrumen pendukung percepatan pembangunan di daerahnya. Tahapan penelitian meliputi: menetapkan sekolah sasaran; mengidentifikasi faktor sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sekitar sekolah yang memiliki potensi berkontribusi dalam implementasi program sekolah; serta mengarahkan komite sekolah agar menjadi penggerak partisipasi masyarakat dalam implementasi program sekolah. Penelitian ini dikemas dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development), diharapkan dapat mengh asil kan luaran berup a “model manajemen berbasis sekolah yang lebih mengutamakan partisipasi masyakat dalam mendukung im plementasi progr am sekolah”, khususn ya ba gi mas ya rakat sekit ar s ek olah di P rovinsi Bengkulu. Penelitian ini juga akan menggali informasi tentang: deskripsi faktor sosialbudaya dan ekonomi masyarakat sekitar sekolah dan kontribusinya untuk mendukung program sekolah; potensi pelibatan partisipasi masyarakat sekitar sekolah dalam mengimplementasikan program sekolah dengan menggunakan pendekatan focus group discussion; dan mengembangkan model penguatan pelibatan partisipasi masyakat terhadap implementasi program sekolah. Penelitian ini telah berhasil memotret faktor sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat pekebun yang berpeluang memberikan kontribusi untuk mendukung pelaksanaan program sekolah. Berdasarkan hasil penelitian awal tersebut, peneliti mempengaruhi komite sekolah, sehingga komite sekolah/orang tua/wali murid lebih peduli lagi terhadap implementasi program sekolah, mengajak masyarakat untuk mengidentifikasi apa yang dapat mereka sumbangkan untuk kepentingan pendidikan di sekolah, dan sekolah menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan pelibatan partisipasi masyarakat. Berdasarkan lesson study dalam penelitian ini peneliti menyusun standar prosedur penguatan pelibatan partisipasi masyarakat dalam mengimplementasikan program sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Jul 2014 08:52
Last Modified: 17 Jul 2014 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item