PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PAKET PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BENGKULU SELATAN

Triyono, Basuki and Alexon, Alexon and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PAKET PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-bas.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-bas.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (141MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran dengan pendekatan Contextal Teaching and Learning (CTL) berbantuan Paket Pembelajaran Kimia berbasis Komputer. Penelitian ini juga menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa a kelas XI IPA SMA N 1 Bengkulu Selatan yang berjumlah 29 orang. Setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan non test. Hasil analisis data penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran terus meningkat dari sebelum siklus I (17,42%), siklus I (68,97%), siklus II (75,86%) dan siklus III. Aktivitas siswa dalam penelitian ini juga meningkat dari siklus I (56,90%) kriteria sedang, siklus II (66,21%) kriteria baik dan siklus III (86,90%) juga dalam kategori baik. Dengan demikian, selama pelaksanaan tiga siklus penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextal Teaching and Learning berbasis Paket Pembelajaran Kimia berbantuan Komputer, mampu meningkatkan aktivitas belajar maupun hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 02 Sep 2014 08:22
Last Modified: 15 Sep 2014 15:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item View Item