Kurniawan, Sefta and Suhartono, Suhartono and Agustina, Emi (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DENGAN MENERAPKAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) DI KELAS XII BAHASA SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sef.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (949kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sef.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (20MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menerapkan teknik imagine (khayalan visual) di kelas XII Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan lembar hasil tes siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 47,05% dengan nilai rata-rata 69,55. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 76,47% dengan nilai rata-rata 79,55. Berdasarkan data tersebut ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 29,42% dan nilai rata-rata meningkat sebesar 10,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik imagine (khayalan visual) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 15:03 |
Last Modified: | 03 Sep 2014 15:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8242 |
Actions (login required)
View Item |