Kurniady, Bram and Murni, Trisna (2014) ANALISA KUALITAS PRODUK PADA USAHA BATIK AL-SUFI KOTA BENGKULU (APLICATION QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-bra-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-bra-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor yang menunjang suatu daerah berkembang adalah kemajuan usaha yang ada di daerah tersebut.. Bengkulu merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak usaha kecil menengah. Daerah Bengkulu juga lebih menuju derah pariwisata yang otomatis mempengaruhi perkembangan usaha yang ada di daerah tersebut. Salah satunya adalah usaha baju batik khas daerah Bengkulu. Selain mengembangkan daerah Bengkulu juga dengan adanya usaha ini akan lebih memperkenalkan budaya dan ciri khas daerah Bengkulu. Oleh karena itu, usaha seperti ini harus mampu tanggap terhadap perubahan yang ada dan mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang untuk menunjang kemajuan usaha ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam meningkatkan kualitas produknya adalah melalui konsep pembagian fungsi mutu (QFD-Quality Function Deployment ). Konsep ini menekankan pada prioritas kebutuhan pelanggan, dengan kata lain apa yang dibutuhklan pelanggan akan menjadi sesuatu yang dihasilkan perusahaan. Quality Funcition Deployment didefenisikan sebagai suatu proses atau mekanisme terstruktur untuk menentukan kebutuhan pelanggan dan menerjamahkan kebutuhan-kebutuhan itu kedalam kebutuhan teknis yang relevan, dimana masing-masing area fungsional dan tingkat organisasi dapat mengerti dan bertindak Tujuan penelitian ini adalah “ Untuk menganalisis kualitas produk pada usaha batik Al-Sufi berdasarkan aplikasi QFD ( quality funcition deployment ).Penelitian ini bersifat survey lapangan yaitu melakukan penelitian langsung ke lapangan serta melakukan penyebaran kuisioner kepada konsumen yang menggunakan atau membeli produk Al-Sufi, yaitu dasar dan pakaian batik tradisional Bengkulu.Sumber data yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan hasil yang didapat dari indikator-indikator kualitas produk yang dirasakan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Indicator – indicator ini yaitu performa , features, keandalan, konformitas, daya tahan, kemampuan pelayanan dan estetika telah diurutkan bobotnya maka dicari penyelesaian dari indicator-indikator tersebut agar dapat memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan AL-Sufi. Serta dari hasil data yang diolah, kualitas produk yang dihasilkan AL-Sufi dengan tota hasil 74,62 masih lebih tinggi dari Ovelia Galery dengan angka 65,72. dengan jumlah nilai yang lebih tinggi dari pesaingnya maka Al-Sufi dianggap pelanggan sudah sangat baik namun demikian perlu perbaikan terus menerus untuk dapat memberikan hasil yang sangat baik dan dapat memuaskan harapan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 15:26 |
Last Modified: | 03 Sep 2014 15:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8245 |
Actions (login required)
View Item |