THE ANALYSIS OF READING TASKS IN “ENGLISH IN FOCUS” TEXTBOOK BASED ON COGNITIVE DOMAIN OF REVISED BLOOM’S TAXONOMY

Ayaturrochim, Ayaturrochim and Mulyadi, Mulyadi and Elfrida, Elfrida (2014) THE ANALYSIS OF READING TASKS IN “ENGLISH IN FOCUS” TEXTBOOK BASED ON COGNITIVE DOMAIN OF REVISED BLOOM’S TAXONOMY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-aya.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-aya.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui komponen ranah kognitif yang dominan dari revisi Taksonomi Bloom di dalam tugas membaca dari buku teks “English in Focus” untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008. Populasi dari penelitian ini adalah 155 tugas membaca dalam buku teks “English in Focus” untuk kelas 1, 2, dan 3. Sampel dari penelitian ini adalah 31 tugas membaca yang diambil menggunakan teknik stratifikasi sampel acak. Data diambil dengan menggunakan instrumen checklist yang dikemukakan oleh Anderson dan Krathwohl (2001). Checklist kemudian juga digunakan untuk menganalisis tingkatan dari ranah kognitif seperti mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 30 tugas membaca (98%) menggunakan tingkatan mengingat dan hanya 1 tugas membaca (2%) yang menggunakan tingkatan memahami. Tugas membaca di dalam buku teks “English in Focus” hanya menerapkan 2 komponen dari Ranah kognitif Taksonomi Bloom. Tingkatan lain dari revisi Taksonomi Bloom tidak digunakan dalam tugas membaca di dalam buku teks “English in Focus.” Dapat disimpulkan bahwa wilayah kognitif dari revisi Taksonomi Bloom yang paling dominan adalah tingkatan mengingat. Tugas membaca dalam buku teks “English in Focus” untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dipertimbangkan tidak cocok untuk mengembangkan pemikiran kritis dari siswa seperti yang dikemukakan oleh Anderson dan Krathwohl (2001).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 10:06
Last Modified: 04 Sep 2014 10:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item