AN ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION BY USING FLANDER INTERACTION ANALYSIS CATEGORIES SYSTEM (FIACS) TECHNIQUE AT SMPN 13 KOTA BENGKULU IN 2013/ 2014 ACADEMIC YEAR

Putri, Febby Garetsa and Pulungan, Rosnasari and sembiring , Barnabas (2014) AN ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION BY USING FLANDER INTERACTION ANALYSIS CATEGORIES SYSTEM (FIACS) TECHNIQUE AT SMPN 13 KOTA BENGKULU IN 2013/ 2014 ACADEMIC YEAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-feb.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-feb.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian observasi yang bertujuan untuk mengetahui persentasi guru dan siswa berbicara, karakteristik, dan hubungan keduanya di SMPN 13 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris di SMPN 13 Kota Bengkulu yang telah mengajar lebih dari lima tahun. Data diperoleh dengan mengobservasi tujuh kali pertemuan tiap guru dengan menggunakan observasi cheklist, dan merekam dengan menggunakan alat perekam suara. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus dan matrik interaksi Flander. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentasi berbicara guru A (66.15%), dan siswa (33.10%), dan berbicara guru B (70.39%), dan siswa (28.41%). Dari hasil tersebut, persentasi berbicara guru menjadi paling dominan baik pada guru A dan B. Selain itu, karaketistik baik guru A dan B adalah content cross. Karaketristik tersebut menunjukkan adanya hubungan dengan persentasi berbicara guru baik secara langsung dan tidak langsung yaitu pada guru bertanya dan mengajar. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa siswa belum cukup aktif dalam interaksi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 11:37
Last Modified: 04 Sep 2014 11:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item