IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING A NARRATIVE TEXT BY USING ROUND TABLE STRATEGY AT GRADE VIII C OF SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Nurhasanah, Nurhasanah and Elfrida, Elfrida and Yunita, Wisma (2014) IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING A NARRATIVE TEXT BY USING ROUND TABLE STRATEGY AT GRADE VIII C OF SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana strategi Roundtable dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks naratif di kelas VIII C SMPN 11 Kota Bengkulu dan faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan kemampuan siswa dalam mendapatkan ide di kelas VIII C SMPN 11 Kota Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII C yang terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis, lembar observasi siswa dan catatan lapangan, lembar observasi guru dan catatan lapangan dan wawancara. Data dari penelitian ini di analisis menggunakan rumus presentasi Sudijono (2010) dan pedoman penilaian Glencoe (2000) untuk quantitatif data dan langkah-langkah dari menganalisis qualitatif data oleh Gay dan Arasian (2000). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Roundtable dapat meningkatkan 70% siswa dari jumlah keseluruhan siswa dalam menulis sebuah teks naratif di kelas VIII C SMPN 11 Kota Bengkulu. Ada peningkatan dari subjek subjek penelitan yang bisa melewati nilai standard (≥75) dari 27% pada data awal menjadi 50% siswa pada tes di siklus 1 dan kemudian menjadi 70% pada siklus 2. Selanjutnya, factor- faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis adalah faktor guru (manajemen kelas dan penjelasan guru) dan faktor siswa ( perhatian, partisipasi dan minat siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:57
Last Modified: 04 Sep 2014 12:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8285

Actions (login required)

View Item View Item