IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING FISHBONE METHOD AT THE ELEVENTH GRADE OF CLASS IPA 3 OF SMAN 4 KOTA BENGKULU

Setiawan, Riki Agus and Arasuli, Arasuli and Afriazi, Rudi (2014) IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING FISHBONE METHOD AT THE ELEVENTH GRADE OF CLASS IPA 3 OF SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rik.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rik.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana metode fishbone dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks hortatory exposition di kelas XI IPA 3, SMAN 4 Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 11 laki- laki dan 23 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis, lembar observasi siswa dan catatan lapangan, lembar observasi guru dan catatan lapangan dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari subjek penelitan yang bisa melewati nilai standard (≥70) dari 35% pada data awal menjadi 52.94% siswa pada tes di siklus 1 dan kemudian menjadi 70.58% pada siklus 2. Selanjutnya, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dan mengajar di dalam kelas menjadi lebih efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan- peningkatan yang signifikan oleh siswa setelah penerapan metode fishbone dalam proses pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 13:21
Last Modified: 04 Sep 2014 13:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item